8 Tips Ajarkan Disiplin Pada Anjingmu

Untuk kamu yang memelihara anjing, terlebih jika anjing tersebut merupakan hasil adopsi, pengenalan adalah tahap penting untuk kamu bisa mengenal bagaimana kebiasaan dari anjingmu, begitupun sebaliknya. Mempelajari lingkungan baru baginya hampir sama seperti kamu mempelajari lingkungan baru entah sat hari pertama sekolah atau pindahan rumah.

Kamu mungkin akan sulit beradapatsi di awal, tapi setelahnya semua akan lebih mudah. Dalam kasus anjingmu, fase paling melelahkan nantinya adalah, mengubah kebiasaannya dan menyesuaikannya dengan aturan baru yang kamu buat di rumah. Terlebih untuk hal-hal penting seperti waktu makan, bermain, dan buang air. Kebanyakan akan mengeluhkan betapa sulitnya untuk mengasuh anjing terutama anjing adopsi karena perbedaan pengasuhan dengan yang sebelumnya, yang mungkin itu telah menjadi suatu yang diingatnya lekat.

Untuk itu, melatihnya kembali dengan sabar tentang aturan baru di rumahmu memang harus rutin dilakukan. Hal ini untuk membentuk kembali kebiasaanya, dan memberinya pengertian bahwa ini adalah lingkungan baru, aturan baru, dan anjingmu harus mengikuti aturan tersebut.

Pertama mungkin kamu bisa mulai memberinya aksesori anjing yang baru, entah itu kalung anjing, atau hal-hal yang ingin kamu berikan padanya. Mengenalkannya dengan makanan anjing dari importir makanan anjing yang baru juga penting. Untuk membuat lidahnya terbiasa dengan rasa makananannya yang baru.

Nah, untuk membantu kamu mengajarkan disiplin pada anjingmu, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Usahakan untuk menghindari kebiasaan memberi makan anjing, terutama yang kanakan dengan waktu yang tidak teratur. Anak anjingmu harus mendapatkan makanan di waktu yang sama, dan rutin. Kamu bisa memberinya waktu untuk makan sekitar 15-20 menit. Jika sudah 20 menit berlalu, angkat mangkok makanan anjingnya, pisahkan darinya, meskipun makanannya masih ada. Hal ini akan membantu kamu mengajarinya bahwa kamu adalah pemiliknya, yang punya aturan.

2. Sebelum mempersilahkannya untuk dapat menyantap makanan yang kamu berikan untuknya, terlebih dahulu biasakan anjingmu untuk menunggu beberapa detik. Tunggu sampai ia duduk dengan manis di tempatnya, kemudian kamu bisa memberinya aba-aba padanya, mempersilahkannya makan. Latihan ini akan membantumu melatihnya bersikap sabar dan menunggu perintah darimu.

3. Jangan pernah sekalipun kamu melakukan permainan tarik-menarik dengan anjingmu secara agresif atau bahkan melakukan tidak kekerasan padanya. Karena hal itu justru akan membentuk mindset buruk padanya, entah ia akan melakukan tidak preventif dengan menyerangmu atau menjadi mudah sekali sakit karena cepat takut.

4. Jangan pernah biarkan anjingmu untuk melakukan kebiasaan menggigit sepatu atau ujung pakaian dari tamu yang datang ke rumahmu, terlebih jika itu milik anak kecil. Kebiasaan ini kebanyakan didapati pada anjing yang hidup berkelompok.

5. Jangan buat anak anjingmu meresa diperbolehkan untuk berbuat agresif. Jangan beri ia pujian atau hal lain yang membuatnya tersanjung setelah ia menggeram atau bersikap buruk pada orang lain. Cobalah untuk lebih tegas mengatakan tidak atau menarik kalungnya untuk memberinya peringatan. Jangan justru membuatnya merasa nyaman untuk bersikap seperti itu.

6. Kedudukan anjingmu di rumah. Jangan biarkan ia bertindak semena-mena dan beranggapan bahwa ia yang paling berkuasa. Jangan biarkan ia duduk dipangkuanmu saat kamu duduk di sofa atau saudaramu duduk di lantai. Karena dengan begitu, ia akan merasa posisinya lebih tinggi dan mudah bersikap buruk karena memperlakukanmu seperti ia adalah bosnya.

7. Anjingmu dikenal memiliki kepekaan terhadap perasaan yang sangat kuat, terutama dengan perasaan yang kamu rasakan saat ini. Seringnya persaanmu itu juga memengaruhi perasaannya. Jika kamu bersikap tenang, ia akan cenderung tenang. Namun, jika kamu merasa gelisah, takut, dan cemas, ia pun juga merasa gelisah, takut, dan cemas pula.

Dan terakhir, hal yang harus kamu persiapkan saat melatih anjingmu adalah kesabaran. Dengan kesabaran yang kamu miliki, bukan suatu yang mustahil anjingmu dapat menguasai semua materi latihan dengan baik di bawah pengawasanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *